oleh

Tongkang Bermuatan Batubara Terbalik di Perairan Bayah dan Cemari Laut

Bungasbanten.id, LEBAK – Sebuah tongkang bemuatan batubara yang sedang berlabuh untuk bongkar muat di Dermaga Terminal Khusus PT Cemindo Gemilang, pada Jum’at sore (30/7/2021) diterjang ombak hingga terbalik dan terseret sampai ke perairan Ranca Bereum, wilayah Bayah Barat, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Menurut keterangan warga setempat bahwa insiden tongkang terbalik di wilayah pelabuhan PT Cemindo itu baru terjadi lagi.

“Kembali satu tongkang terhempas gelombang dengan posisi hampir terbalik, setelah sekian lama tongkang tidak terjadi terseret ombak,” ungkap Yayan, salah satu warga Bayah. Sabtu (31/7/2021).

Lanjut Yayan, “Tongkang dihempas gelombang besar terjadi pada hari Jum’at sore sekira pukul 16.00 WIB,” terangnya.

Yayan juga menjelaskan nama tongkang yang terbalik tersebut, “Dengan nama tongkang Manalune, namun nomor lambung tidak terlihat karena posisi tongkang hampir terbalik dan isi muatannya yaitu batubara yang berserakan karena terus dihantam ombak,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kapolres Lebak Pimpin Langsung Evakuasi Korban Banjir di Kampung Barangbang

Warga lain menimpali, akibat tumpahan batubara dari tongkang terguling itu menimbulkan laut tercemar. Warga berharap agar pihak perusahaan bertanggung jawab untuk segera membersihkan limbah yang tersebar di laut tersebut.

“Tongkang yang terhempas ombak dengan posisi hampir terbalik tersebut menumpahkan isi muatannya, sehingga menimbulkan pencemaran air laut dan ini harus segera diamankan,” ujar Ajat, Sabtu (31/7/2021)

Hingga berita ini diterbitkan pihak perusahaan armada laut dan Kasatpol PP setempat belum bisa dikonfirmasi.

REPORTER : UZEX

banner 300250

Komentar

BACA JUGA