Berjalan Khidmat dan Meriah, HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kecamatan Malingping

Kabupaten Lebak81 Dilihat

Bungasbanten.id, LEBAK – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak berjalan sukses dan meriah. Hal ini berkat kekompakan dan keseriusan panitia dengan dukungan penuh dari masyarakat serta dibantu elemen lainnya.

Dibawah inspektur upacara Camat Malingping Lingga Segara dan Komandan Upacara Serka Usep Sopyan (Anggota Koramil 0313/Mlp) nampak peserta mengikutinya dengan sungguh-sungguh dan terpukau menyaksikan kekompakan pasukan pengibar bendera (Paskibra)

Disepanjang jalan menuju alun-alun area upacara masyarakat berjubel antusias ikut menyambut hari bersejarah tersebut, setelah tiga tahun merindukannya lantaran terkendala aturan PPKM dan Prokes masa pandemi Covid-19.

Kegiatan upacara tersebut dihadiri pula oleh Forkopimcam, para kepala desa, dinas/instansi, PGRI, Pramuka, KNPI, FKPPI, Karang Taruna, PMI, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Ormas, dan OKP yang ada di Kecamatan Malingping.

Tidak kurang dari 37 item kegiatan perlombaan dan atraksi seni budaya sejak 4 Agustus mengisi kegiatan ini. Mulai dari lomba lomba qosidah, main bola, nabeuh lisung, catur, gerak jalan (PBB), hingga pawai pembangunan dari masing-masing desa ditampilkan, dan akan berakhir dengan Pagelaran Wayang Golek. Sedangkan pada malam hari proklamasinya dilakukan istighosah di pendopo kantor kecamatan dan di pondok-pondok pesantren

serta di mesjid-mesjid yang ada di wilayah Kecamatan Malingping.

“Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dapat menjadi momentum refleksi, semangat kepahlawanan dan kebangsaan, agar Bangsa Indonesia mampu “Pulih lebih cepat, Bangkit Lebih Kuat” membangun bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global,” kata Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya dalam sambutan upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang dibacakan Camat Malingping Lingga Segara di Alun-alun Malingping, Rabu (17/8/2022).

Selanjutnya Bupati Lebak mengajak masyarakat untuk mengenang sekaligus mendo’akan Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah berjuang mempertaruhkan jiwa raga dan harta dari belenggu penjajah.

“Oleh karena itu, sebagai bangsa yang besar, yang senantiasa menghormati jasa pahlawan, mari kita do’akan para pahlawan kita, senantiasa diampuni atas segala kesalahan dan kekhilafannya, serta mendapat tempat yang istimewa di sisi-Nya.

Camat Malingping Lingga Segara mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah antusias dan mendukung hingga acara tersebut sukses. “Terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah mensukseskan rangkaian kegiatan HUT RI  terutama pada hari ini termasuk pawai pembangunan,  Bisa kita lihat bersama antusias masyarakat limpah ruah,” ujar Lingga saat ditemui ditengah kesibukannya.

Menurut Lingga, makna yang didapat dari keberhasilan ini adalah sebuah kekompakan dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan.

“Saya melihat makna kemerdekaan ini memang untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan, masyarakat bersatu, riang gembira menyambut kemerdekaan,” imbuhnya.

Senada, Sanhawi, Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-37 Kemerdekaan RI tingkat Kecamatan Malingping juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan para donatur yang telah menyukseskan acara ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia, para donatur dan masyarakat hingga kegiatan ini berjalan dengan sukses. Dengan kerja sama yang baik serta tanggung jawab yang melekat alhamdulillah kegiatan ini meriah dan hidmat,” ungkapnya.

REPORTER : UZEX

banner 728x90
banner 728x90