Ketua Komda Wilayah II Paguyuban Pasundan , Apresiasi Pagelaran Seni Budaya di Banten

Serang Raya62 Dilihat

Bungasbanten.id, KOTA SERANG – Ketua Komda  Wilayah II Paguyuban Pasundan, DR. Abah Ruskawan, sangat mengapresiasi kegiatan gelar seni budaya, pameran kuliner dan pameran produk kerajinan tangan dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  se-Provinsi Banten, di Alun-Alun Kota Serang Pprovinsi Banten, Sabtu (24/9/2022).

“ Dalam gelar seni budaya, kuliner  dan pameran produk UMKM  berasal dari 8 Kabupaten/Kota se-Banten  yang gelar di akhir pekan itu, seiring dengan acara Pengukuhan Pengurus Paguyuban Pasundan Provinsi Banten dan Pengurus Cabang Paguyuban Pasundan  Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten, oleh Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, Prof.DR.HM. Didi Turmudzi, M.Si, malam ini.

banner 728x90

“ Dalam sesi Pagelaran Seni Budaya yang di gelar sore hari tadi, Abah Ruskawan, menyampaikan selamat kepada seluruh Pengurus Paguyuban Pasudan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Banten yang akan dikukuhkan nanti malam oleh Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan.

“Saya ucapkan selamat, dengan harapan semoga Paguyuban Pasudan di Banten semakin maju dan berkembang serta mampu berperan untuk memerangi kemiskinan dan kebodohan,”kata Abah Ruskwan.

Ditegaskan Abah Ruskawan, yang juga mantan Ketua Sekolah Tinggi Hukum (STH) Pasundan Sukabumi, bahwa kegiatan pagelaran seni budaya, kuliner dan pameran produk UMKM yang digelar pada hari ini, membuktikan bahwa Provinsi Banten sangat heterogen dengan potensinya.

“Dengan potensi yang dimiliki, diharapkan Paguyuban Pasundan di Banten dapat menjadi pelopor dan bisa terus memayungi masyarakat dalam upaya mewujudkan “ sabililungan ngaguar nanjeurkeun tur nanjungkeun ajen  budaya tradisi (menjadi pelopor untuk hidup rukun dan damai, mampu menggali potensi dan mengembangkan tradisi dan budaya) untuk kemajuan daerah,”kata Abah Ruskawan yang juga Ketua Paguyuban Dalang Kabupaten Cianjur ini.

“ Selanjutnya, kata Abah,  apa yang sudah dilaksankaan dalam rangka pemberdayaan ekonomi melalui wadah koperasi oleh beberapa Pengurus Cabang Paguyuban Pasundan, seperti di Kabupaten Tangerang, diharapkan dapat  menjadi uswatun (teladan) dan terus mengembangkan sikap keteladananan dalam rangka  pemberdayaan ekonomi masyarakat di seluruh Indonesia.

“ Ditegaskan Abah Ruskawan, kegiatan gelar seni budaya, yang dibarengi dengan pameran kuliner dan produk UMKM, diharapkan juga menjadi agenda  atau event  tahunan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten,  sebagai upaya  melestarikan dan mengembangkan seni budaya karuruhun sunda.

“Provinsi Banten dengan 8 Kabupaten/Kota melalui event pagelaran tahunan tersebut bisa melahirkan “ one product one village (OPOV), dan seni budaya masing-masing daerah sebagai khasanah budaya bangsa yang bisa dibanggakan,”Pungkas Abah Ruskawan

REPORTER : SIROD SUGIMAN

banner 728x90