Masyarakat Diminta Hati-hati : Terhadap Oknum Wartawan-wartawati Bungasbanten.id

Bungasbanten.id, BANTEN –  Wartawan-wartawati dalam zaman modern biasanya disapa jurnalis, dimana profesi ini selalu bergerak maju mengalir mengikuti arus zaman. “ Maka dengan kehadiran wartawan-wartawati merupakan salah satu pilar penting yang turut mendukung pembangunan daerah.

“ Seiring dengan perkembangan daerah sudah pasti diiringi berbagai macam persoalan yang kerap terjadi dihadapi para pelaku profesi. “ Hanya saja rekaman dinamika yang terjadi itu jarang terdukomentasi apalagi terpublikasi secara luas ke ruang publik.
“ Sebagai seorang jurnalis, tentunya dalam berhadapan dengan berbagai macam ragam persoalan wajib berpegang pada etika profesi jurnalis sebagai dasar untuk bersikap dan bertindak.

“ Namun, ketika etika tersebut dilalaikan maka yang datang adalah kontroversi, cibiran bahkan sikap sinis dari masyarakat akibat perilaku oknum pelaku wartawan-wartawati yang dinilai tidak profesional dalam menjalankan aktifitasnya sebagai seorang jurnalis.  “ Tak bisa dipungkiri, berseliweran sejumlah oknum yang mengaku diri sebagai jurnalis atau yang lazim disebut wartawan-wartawati.

“ Yang lebih parahnya lagi, mereka berdalih di tugaskan oleh Pemimpin Redaksi ( Pempred ) media Online Bungasbanten.id “  namun tanpa memiliki surat tugas ( Idcard ) resmi dari Pemred yang bersangkutan.” Dan dari penyamaran itulah mereka bisa mengelabui para Kepala desa ( Kades) maupun masyarakat dilokasi tersebut. “ Ungkap Uyung Iskandar Pempred Bungasbanten.id, Selasa (14/6/2022)

“ Selain itu, berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan Pempred Bungasbanten.id, ada banyak modus yang juga dilakoni para oknum wartawan-wartawati Bungasbanten.id ini “  Selain sepak terjangnya dengan cara membekengi segala program Dana Desa (DD) ” Juga masih ada juga oknum  yang mengaku- ngaku Wartawan-wartawati dari Bungasbanten.id, yang keseharianya hanya silaturahmi ke tiap Kepala desa ”  padahal orang tersebut bukan lagi Wartawan-wartawati yang resmi di Bungasbanten.id

“Bahkan, informasi yang dihimpun dari salah satu warga yang enggan namanya dimuat, jati dirinya mengaku bahwa Program DD dibekingi oknum wartawan-wartawati Bungasbanten.id.

“ Maka hal ini Uyung Iskandar “ menyesalkan kondisi yang terjadi khususnya terkait sepak terjang para oknum wartawan-wartawati Bungasbanten.id,  ini di setiap wilayah maupun dalam modus lainnya.

Untuk itu, masyarakat perlu mengetahui bahwa Wartawan-wartawati adalah penyeimbang bagi semua steak holder dan bukan sebagai pelaku beking-bekingan atau pelindung berbagai aktivitas yang bertentangan dengan hukum.

“ Hal semacam itu sangat tidak sesuai dengan perilaku serta kaidah jurnalis “ sehingga bagi para pelaku bisnis atau siapa saja disarankan kalau ada indikasi pelaku wartawan-wartawati yang melakukan pemerasan atau sesuatu yang berdampak buruk pada anda “ yang merasa tidak nyaman terhadap oknum tersebut, agar segera laporkan kepada pihak Aparat Penegak Hukum ( APH) atau untuk diproses sesuai aturan hukum yang berlaku,” himbaunya.

Lanjut Uyung Iskandar, untuk Wartawan-wartawati yang masih di akui oleh Redaksi Bungasbanten.id, Namanya tercantum di Boks Redaksi media online Bungasbanten.id, “ jika namanya tidak tercantum di Boks Redaksi “ bukan lagi Wartawan-wartawati Bungasbanten.id, yang resmi “ itu adalah hanya oknum Wartawan-wartawati Bungasbanten.id saja “ , Pungkas Uyung Iskandar (*)

banner 300250
banner 728x90 banner 300250 banner 728x90 banner 300250 banner 728x90 banner 300250 banner 728x90 banner 300250 banner 728x90 banner 300250 banner 728x90 banner 300250 banner 728x90