MDST Pembangunan Sarana Prasarana Fisik Desa Melalui Padat Karya Digelar Pemdes Cipedang

Kabupaten Lebak85 Dilihat

Bungasbanten.id, LEBAK – Pemerintah Desa (Pemdes) Cipedang menggelar Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) Pembangunan Sarana Prasarana Fisik Desa Melalui Padat Karya, bertempat di Kantor Desa Cipedang, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Senin (22/8/2022).

Diketahui, serah terima fisik desa tersebut yaitu bangunan drainase dengan volume 131 Meter yang berlokasi di Kampung Cipedang Lio RT 009 RW 002 Desa Cipedang, Tahun Anggaran 2022, Pelaksana Tim Pelaksana Kegiatan (TPK). Selain itu serah terima program Ketahanan Pangan (Katapang) yakni bangunan Jalan Usaha Tani (JUT) Rabat Beton, Volume 2.00 Meter × 369.00 Meter × 0.12 Meter.

banner 728x90

Hadir dalam acara tersebut; Kades Cipedang, Ekbang Kecamatan, Ekbang Desa, Pendamping Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua RT/RW, puluhan Ibu-ibu dan Bapak-bapak Masyarakat Desa Cipedang.

Dalam sambutannya, Ketua TPK Desa Cipedang, Ardiansah, menyampaikan, hari ini TPK menyerahkan bangunan JUT dan drainase yang sudah selesai dikerjakannya.

“Hari ini kami TPK Desa Cipedang menyerahkan bangunan JUT dan drainase tersebut kepada Pemerintah Desa Cipadang, semoga bermanfaat dan awet, juga tidak lupa kepada para pengguna agar bisa merawatnya dengan baik,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Cipedang, H Ence Hendri, menerima penyerahan bangunan JUT dan drainase tersebut dan langsung diserahkan lagi kepada masyarakat Desa Cipedang.

“Alhamdulillah kami terima bangunan JUT dan drainase dari TPK, dan langsung kami serahkam kepada masyarakat petani selaku penerima manfaatnya. Untuk diketahui bahwa JUT dan drainase tersebut dari Ketahanan pangan (Katapang) Anggaran Dana Desa 20%. Bangunan JUT tersebut panjangnya dari 369 meter namun pelaksanaannya menjadi 373 Meter, itu sisasnya swadaya masyarakat. Dan untuk drainaise dengan Volume 131 Meter,” ucapnya.

H.Ence Hendri, juga menyampaikan kepada para RT dan RW yang hadir diacara tersebut segera mensosialisasikannya kepada masyarakat agar bisa menjaga dan merawat bangunan JUT dan drainase tersebut.

“Saya mohon kepada para RT dan RW sesegera mungkin mensosialisasikan terkait bangunan JUT dan drainase kepada masyarakat khususnya pengguna, agar masyarakat bisa menjaga dan merawatnya sehingga bisa dirasakan manfaatnya dengan jangka panjang,” pungkasnya.

Sementara, Ustadz Nurhasan (54), yang tinggal di Kampung Banjarsari RT 008 RW002, Desa Cipedang, selaku tokoh masyarakat dan juga penerima manfaat bangunan JUT dan drainase, menerimanya dan menurutnya bangunan tersebut pengerjaannya cukup baik.

“Terima kasih khususnya kepada Pemerintah Desa Cipedang dan tidak lupa kepada pihak lainnya yang telah membantu kami sehingga terealisasinya pembangunan ini. Kami menerima penyerahan bangunan JUT dan drainase dari Pemerintah Desa Cipedang, dan menurut kami, bangunan tersebut baik dan

bermanfaat, kami juga akan menggunakan, menjaga dan merawatnya dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Pantauan wartawan di lokasi acara Musyawarah Desa Serah Terima (MDST), terlihat puluhan masyarakat yang hadir pun sangat gembira, menerima bangunan yang diserah terimakan dari TPK kepada Pemdes Cipedang dan dari Pemdes Cipedang diserah terimakan kepada masyarakat Desa Cipedang.

REPORTER : UZEX

banner 728x90