Pemdes Pondokpanjang Realisasikan Ketahanan Pangan Bangun JUT

Kabupaten Lebak53 Dilihat

Bungasbanten.id, LEBAK – Dalam rangka merealisasikan Program Ketahanan Pangan, Pemerintah Desa Pondokpanjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten kini tengah membuka akses pertanian dengan membangun Jalan Usaha Tani (JUT) yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2022. Tentunya dengan terealisasinya program tersebut juga sebagai wujud komitmen Pemerintah Desa Pondokpanjang dalam membangun desa dan memprioritaskan kegiatan sesuai dengan

rencana kerja serta kebutuhan pembangunan desa khususnya di sektor pertanian.

banner 728x90

Pantauan Bungasbanten.id  “ dilokasi kegiatan Blok Kampung Pasirmantang (Leuwipanjang), kegiatan pembangunan JUT yang dilaksanakan oleh TPK Desa Pondokpanjang tersebut berupa perkerasan jalan dan dilakukan pemadatan dengan menggunakan alat berat pemadat (Vibro), dan tentunya melibatkan tenaga kerja lokal warga setempat. Kamis (8/9/2022).

Kepala Desa Pondokpanjang, Subandi mengatakan, untuk kegiatan pembanguan JUT di Blok Kampung Pasirmantang (Leuwipanjang) bersumber dari Dana Desa Tahun 2022, untuk volume kegiatannya dengan Panjang 485,2 Meter dan Lebar 2,5 Meter, Biaya Rp 168.541.400,-.

Menurutnya, kegiatan pembangunan yang saat ini tengah dimulai di wilayah desanya tidak lain merupakan program rencana kerja pemerintah desa berskala prioritas, dimana hal ini sebagai bentuk atau wujud komitmen pemerintah desa dalam memperhatikan kepentingan dan kebutuhan urgensi warga masyarakat serta sebagai wujud realisasi Program Ketahanan Pangan.

“Alhamdulillah saat ini kita tengah memulai proyek pembangunan JUT yang bersumber dari DD, semoga berjalan lancar dan hasilnya nanti dapat bermanfa’at untuk warga masyarakat,” tuturnya.

Lanjut dikatakan Subandi, selain pelaksanaan pembangunan JUT, di Tahun 2022 ini pihaknya juga akan terus berupaya agar adanya pembangunan yang lainnya.

“Insya Allah Pemerintah Desa Pondokpanjang akan terus berkomitmen dan bekerja untuk terus meningkatkan pembangunan desa. Untuk itu, perlu adanya dukungan dari

semua unsur masyarakat desa di setiap kegiatan pembangunan desa,” pungkasnya.

Sementara itu, Asep, warga Kampung Srilayung RT 04 RW 05, Desa Pondokpanjang, mengapresiasi adanya pembangunan JUT tersebut, menurutnya itu tepat sasaran.

“Saya mengapresiasi adanya pembangunan JUT di desa kami ini, dan ini tepat sasaran, dimana JUT tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai akses jalan menuju sawah dan ladang. Dengan adanya JUT masyarakat pun bisa lancar membawa hasil pertanian dengan menggunakan motor atau mobil, ini sangat bermanfaat sekali,” ujarnya.

REPORTER : UZEX

banner 728x90