Pemotongan Hewan Qurban di Kodim 0623/Cilegon Sehat dan Aman

Kota Cilegon48 Dilihat

Bungasbanten.id, CILEGON – Kodim 0623/Cilegon menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H tahun 2022 seperti tahun-tahun sebelum  menyelenggarakan pemotongan hewan qurban di Lapangan Makodim 0623/Cilegon Kota Cilegon Banten, Minggu (10/07/2022)

Sebelum melaksanakan pemotongan hewan qurban Dandim 0623/Cilegon Letkol Inf Ari Widyo Prasetyo, S.Sos dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua Panitia Pemotongan hewan qurban Idul Adha 1443 H dan saya minta kegiatan ini dilaksanakan dengan baik dan tertib dalam pemotongan hewan qurban maupun dalam pendistribusian daging qurban ini.

banner 728x90

Selain itu Dandim 0623/Cilegon memaparkan bahwa dalam rangka acara Idul Adha 1443 H tahun 2022 Kodim 0623/Cilegon menyelenggarakan kegiatan pemotongan hewan qurban, yang mana hewan qurban ini seluruhnya ada 25 kambing dan domba serta 2 ekor sapi.

“Dan juga kita bukan hanya melaksanakan kegiatan penyembelihan ini di Kodim saja, tapi ada juga hewan qurban yang kita bantu di wilayah Pulau Panjang yang mana kemarin kita pernah menyelenggarakan kegiatan Sail and Touring,” terangnya.

Selanjutnya untuk sekarang ini kita sudah berjalan dan didukung oleh pihak Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cilegon, yang mana bertugas membantu pemeriksaan kondisi hewan qurban yang akan dipotong kemudian akan didistribusikan kemasyarakat, karna saat ini kita ketahui bersama sedang meningkat hewan-hewan ternak khususnya sapi terkena penyakit kuku dan mulut, sehingga perlu pemeriksaan supaya yakin kondisi hewan sehat, aman sehingga bisa dimakan oleh masyarakat.

“Adapun daging-daging qurban ini akan kita salurkan kepada seluruh anggota Kodim, tujuh jajaran Koramil, Pondok Pesantren, kepada masyarakat yang membutuhkan dan rekan-rekan media juga kita berikan, jadi makna Idul Adha ini sebagai bentuk bagaimana kita berqurban secara ikhlas untuk membantu masyarakat dan sekitar kita,” ungka Letkol Inf Ari Widyo Prasetyo, S.Sos.

Ditempat yang sama Bagian Fungsional Medic Trainer DKPP Kota Cilegon drh. Abraham turut menambahkan bahwa daerah Kota Cilegon sudah bebas PMK, tapi dengan dasar itu kita tetap berhati-hati sehingga kita melakukan pemeriksaan anti Morten dan pos Morten.

Pemeriksaan anti Morten itu adalah pemeriksaan hewan sebelum dipotong dan pos Morten hewan yang sudah dipotong untuk memastikan bahwa hewan yang dipotong dalam keadaan aman, sehat, mutu dan halal, jadi hewan yang ada di Kodim 0623/Cilegon kita nyatakan sehat semua,” tutup drh. Abraham.

REPORTER : HERMAN/SUKARDI

banner 728x90
banner 728x90