oleh

Penguatan dan Pemberdayaan UMKM Berbasis Sawit

Bungasbanten.id, DEPOK – Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, pelaku usaha kelapa sawit masih banyak didominasi oleh para petani berskala kecil, seperti keluarga petani sawit ataupun UMKM sawit. “ Sebagai komoditas yang memiliki banyak sekali manfaat, kelapa sawit dirasa dapat dikembangkan lagi oleh UMKM untuk menghasilkan produk turunan yang lebih inovatif dan beragam. Sehingga, nantinya potensi dari komoditas sawit dapat dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, para pelaku juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kewirausahaan agar dapat mengelola perkebunan dengan lebih baik serta menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, hingga nantinya dapat bersaing di pasar.

BACA JUGA :  Seluruh Warga SMSI Duka Mendalam “ Atas Wafatnya Sekretaris SMSI Riau

Untuk itu, UKM Center FEB UI yang didukung sepenuhnya oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Kementerian Keuangan Republik Indonesia, mengadakan kegiatan Assessment dan Coaching: Penguatan dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Berbasis Sawit, Sabtu kemarin.

Kegiatan ini diawali dengan proses pengumpulan database dengan melibatkan, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), dinas koperasi, dinas perkebunan, dan UMKM Berbasis Kelapa Sawit di 3 (tiga) daerah di Indonesia, yaitu Mamuju, Ketapang, dan Pangkalan Bun. Setelah itu, database yang didapatkan kemudian dikembangkan menjadi Mitra Binaan Unggul Petani Sawit dan UMKM Berbasis Kelapa Sawit yang nantinya akan diberikan pelatihan dan juga pendampingan.

PT. BUNGAS BANTEN MEDIA
BACA JUGA :  Seluruh Warga SMSI Duka Mendalam “ Atas Wafatnya Sekretaris SMSI Riau
banner 300250
loading...

Komentar

Baca Juga