KLILK....!!!! TANDA KALI
banner 728x90 banner 728x90
ll
ll
banner 728x90
Opini

Pentingnya Komunikasi Intens Dalam Penerapan Pendidikan Pancasila Terhadap Anak

618
×

Pentingnya Komunikasi Intens Dalam Penerapan Pendidikan Pancasila Terhadap Anak

Sebarkan artikel ini
PHOTO : Muhamad Ridwan
banner 728x90

Penulis :  Penulis: Muhamad Ridwan ( Mahasiswa Universitas Pamulang Fakultas Hukum Kota Serang)

SECARA  gamblang sebagian besar masyarakat masih belum menyadari perihal pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila didalam kehidupan sehari-hari dan hal tersebut tentunya menjadi PR bagi kita semua untuk dapat mewujudkan cita cita dari Pancasila itu sendiri.

Maka dari itu ada baiknya bagi kita untuk mempelajari bagaimana penerapan ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dilingkungan rumah, sekolah ataupun dimana saja.” Pancasila tidak hanya sebagai simbol namun juga sebagai patokan untuk mengatur tata sikap berkehidupan di masyarakat.

Oleh karena itu kita harus menerapkan ideologi Pancasila sedari kecil karena Pancasila merupakan suatu landasan yang bermakna bagi sikap masyarakat kedepannya agar saling menghargai antar sesama dan terhindar sari sikap yang tidak di inginkan.

Seperti diketahui ideologi Pancasila merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi setiap insan masyarakat agar menata kehidupan bermasyarakat supaya aman, dan terjaga dari konflik. Serta penerapan Komunikasi secara intens untuk menciptakan Pendidikan ideologi Pancasila yang bermakna dan mudah terserap.

Contoh kasus akibat kurangnya penerapan Pendidikan Pancasila sejak dini ialah, kasus luka hati akibat perundungan masa lalu dan Picu Anak Habisi Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ ) di Lebak Banten tepatnya di kecamatan Bayah

Dari pendampingan awal diketahui dua anak mengalami perundungan sebelum putus sekolah. Perundungan ini menyisakan luka batin atau dendam yang meluap saat mereka membunuh orang dengan gangguan jiwa.” Saya sempat bertanya ke Hendri Komnas Perlindungan Anak Bullying dimasa lalu itulah yang menurut Hendri menyebabkan luka dalam diri sang anak.

Seperti yang dikatakan diawal, Pendidikan Ideologi Pancasila sangatlah penting, solusi saya seharusnya orang tua lebih banyak bertanya terhadap anak tentang kesehariannya dan aktivitas belajarnya,”  agar anak tidak sungkan untuk menceritakan sesuatu kejadian kepada orang tua.

Menurut saya hal ini diakibatkan karena orang tua anak lebih acuh dan tidak mempedulikan kegiatan-kegiatan anak dilingkungan sekitar ataupun di lingkungan sekolah, jadi anak-anak ketika orang tuanya acuh akan lebih berat dan malu untuk menceritakan apa yang dia alami di kegiatanya sehari-hari.

Saya berpesan terhadap orang tua yang ada diseluruh Indonesia agar lebih sering berkomunikasi dengan anak dan selalu terapkan sikap tegas ketika anak melakukan kesalahan yang fatal, serta selalu ingatkan anak soal pentingnya Pendidikan Ideologi Pancasila secara perlahan-lahan agar anak mudah menyerap perkataan berharga dari orang tuanya. (****) 

banner 728x90 banner 728x90
ll
banner 728x90
banner 728x90
banner 728x90
banner 728x90