PPK Bermasalah Tim Pemenangan Nuraeni, Desak KPU Kota Serang Minta Diganti

Politik, Serang Raya125 Dilihat

Bungas Banten, SERANG – Salah satu tim pemenangan caleg DPR RI Partai Demokrat dapil Banten II Nuraeni, menyayangkan PPK bermasalah dilantik kembali oleh KPU Kota Serang.

Padahal hasil putusan rapat pleno Bawaslu Provinsi Banten nomor 001/lp/adm.pl/bwsl.prov/11.00/III/2004 terlapor PPK Taktakan dan Walantaka Kota Serang terbukti melanggar tatacara, prosedur dan mekanisme pada pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten/kota dan telah diberikan teguran.

Kendati demikian, PPK yang bermasalah itu kembali dilantik oleh KPU Kota Serang pada 16 Mei lalu untuk Pilkada Kota Serang tahun 2024.

Ade Sugiri salah satu tim pemenangan Nuraeni Caleg DPR RI dapil Banten II dari Partai Demokrat mengatakan, dilantiknya PPK bermasalah mencederai demokrasi. Sebab masih banyak calon PPK lain yang berintegritas, berkualitas dan professional.

Pihaknya mendesak kepada KPU Kota Serang agar PPK yang bermasalah di Taktakan dan Walantaka yang telah dilantik untuk diganti. Pihaknya mengkhawatirkan PPK bermasalah itu akan kembali melanggar aturan Pemilu pada Pilkada 2024 nanti.

” Ade menegaskan pihaknya dari Partai Demokrat tengah melakukan mengadukan pelanggaran etik itu ke DKPP. Dirinya yakin apabila dilakukan investigasi secara mendetail dan cermat kemungkinan ditemukan adanya dugaan pelanggaran berat yang dilakukan PPK bermasalah tersebut.

Ia menambahkan, bukti kuat menurutnya saat rapat pleno di tingkat Kota Serang, hasil penyandingan data terjadi perbaikan atas perubahan ribuan suara di berbagai TPS yang menguntungkan caleg DPR RI tertentu di dapil Banten II. Menurutnya hal itu merugikan caleg DPR RI Nuraeni.

Peristiwa itu membuat Demokrat melaporkan dugaan kecurangan pileg di Banten dua ke Mahkamah Konstitusi (MK)  Pada akhirnya MK mengabulkan gugatan partai Demokrat dan memutuskan KPU harus melakukan penyandingan data antara C hasil dan d hasil suara caleg PDI Perjuangan di 120 TPS untuk pileg DPR RI Dapil Banten II dengan waktu paling lama 30 hari.

REPORTER  : RED

banner 728x90
banner 728x90