Rawat Jagat Ruat Adat : Tema Seren Taun Kasepuhan Cisitu ke 337

Kabupaten Lebak41 Dilihat

Bungasbanten.id, LEBAK – Rangkaian Upacara Adat Seren Taun Kasepuhan Cisitu ke 337 digelar selama 8 hari mulai tanggal 8 Agustus 2022 hingga tanggal 15 Agustus 2022.

“ Kasepuhan Cisitu merupakan Kesatuan Sesepuh Adat Cisitu Banten Kidul yang berada di wilayah Desa Kujangsari dan Desa Situmulya Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak Provinsi Banten yang saat ini dipimpin oleh Pemangku Adat Abah H. Yoyo Yohenda putra ke 3 Abah H.M. Okri (Alm).

banner 728x90

Seren Taun ini merupakan agenda tahunan, Tradisi adat yang terus dijaga dan dilestarikan serta digelar oleh masyarakat adat Kasepuhan Cisitu sejak tahun 1685 hingga saat ini telah berusia 337 tahun.

“Tahun ini kami mengangkat tema (Rawat Jagat Ruwat Adat Menuju Masyarakat Adat Yang Mandiri dan Bermartabat),” ungkap Pemangku Adat Kasepuhan Cisitu Abah H. Yoyo Yohenda Bin (Alm) Abah H.M. Okri.

Rangkain Seren Taun Kasepuhan Cisitu dimeriahkan dengan sejumlah acara dan pagelaran seni diantaranya Pembukaan Acara Adat pada hari Senin yakni Rasul Pare di Leuit dan Angklung, hari Selasa Tutup Buku Taun Sani Bulan, hari Rabu Balik Taun Anak Incu Putu Kasepuhan Cisitu, hari Kamis Ngareremokeun dan Ngirim doa, hari Jumat Pemotongan Kerbau dan Siraman Rohani, hari Sabtu Upacara Ngangkat dan Turun Ronda diiringi seni tradisional dilanjutkan Pongdut, hari Minggu Arak-arakan “seserahan hasil bumi”, Jatnika Sakral Adat (Ngampihkeun Pare ka Leuit), Dialog Terbuka (Saresehan) dengan tema “Rawat Jagat Ruwat Adat Menuju Masyarakat Adat Yang Mandiri dan Bermartabat” dilanjut Festival Debus dan pagelaran wayang golek, sebagai penutup rangkaian kegiatan pada hari Senin yaitu Rasul Seren Taun, dijelaskan oleh Pemangku Adat Kasepuhan Cisitu Abah H. Yoyo Yohenda.

Sementara itu, Bupati Lebak, Hj. Iti Oktavia Jayabaya,  menyatakan tradisi ini harus terus dijaga dan dilestarikan sebagai salah satu cara menumbuh kembangkan destinasi wisata berbasis kearifan lokal.”  Semoga dengan adanya seren taun dan persiapan menjelang HUT kemerdekaan RI yang ke 77 bisa menjadi kekuatan bersama untuk membangun daerah Lebak.

“Sinergitas para Pemangku Adat, para kepala desa dan masyarakat sangat diharapkan untuk menjaga kondusifitas wilayah khususnya di Kecamatan Cibeber, dalam membantu tugas TNI dan POLRI.,” ungkap Bupati Lebak.

Diakhir acara Bupati Lebak juga mengatakan Insya Allah jalan menuju ke kesini akan segera dibangun kita sudah meminta kepada Anggota DPRD Banten agar ikut mengalokasikan Dana Aspirasi melalui Dinas Perkim Banten, terkait Pilkades Serentak tahap 2 (dua ) yang di ikuti oleh 66 Desa berikut Desa Darmasari Kecamatan Bayah kemungkinan dibulan November, Tandasnya.

REPORTER  : DENI

banner 728x90