Selain RTLH Bakal Dibangun : Surnaeti Warga Desa Karyabuana Kini Bisa Berjualan Sembako

Bungasbanten.id, PANDEGLANG – Pasca Viral di Media, Surnaeti seorang ibu dari 6 anaknya, beralamat di Kampung Situ RT 03/02 Desa Karyabuana telah mendapatkan banyak perhatian dari berbagai kalangan terutama oleh Pemerintahan Desa Karyabuana, Pemerintah kabupaten ( Pemkab) Pandeglang dan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Berdasarkan informasi, Kediaman Surnaeti pasca adanya pemberitaan terus dikunjungi, yang pertama yang berkunjung ke Gubuk Surnaeti Kepala desa (Kades) Karyabuana dan Pemerintahan Kecamatan Cigeulis kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

banner 728x90

Esoknya, dari Plt. Korkab Pendamping PKH Kabupaten Pandeglang beserta dari Kementerian Sosial RI datang berkunjung ke Gubuk Surnaeti di Kampung Situ.”  Bahkan menurut warga setempat petugas dari Kementerian tersebut tidak pulang atau menginap di Wilayah Cigeulis.

Saat awak media menyambangi Gubuk Surnaeti, Sabtu (25/6/2022) ada pemandangan yang berbeda dari sebelumnya. Kini Gubuk Surnaeti yang berukuran 3 kali 3 itu didepannya dipenuhi dagangan sembako seperti telur, minyak sayur, sarimi, cemilan, dan lain-lain, yang berada di dalam talase.

Saat di konfirmasi, Surnaeti menjelaskan, bahwa dagangan yang kini dijualnya merupakan bantuan dari Pemerintah desa ( Pemdes)  Karyabuana dan Kementerian Sosial, bahkan dia mengatakan bahwa gubuk yang dihuninya telah diukur dan rencananya bakal dibangun menjadi rumah layak huni.

“ Alhamdulilah pak, berkat bapak -bapak (Wartawan-red) gubuk saya didatangi banyak orang dan memberikan bantuan berupa sembako, peralatan dapur, perlengkapan tidur dan rencananya rumah saya juga bakal dibangunkan, terimakasih pak,” ucap Surnaeti didampingi oleh suami dan ke enam anaknya.

“ Semenatara itu, disampaikan Rohana, Kades Karyabuana, dirinya mengaku bahwa perbaikan rumah tidak layak huni di Desa Karyabuana merupakan salah satu Visi dan Misinya menjadi Kades. “ Oleh sebab itu, dirinya berupaya semaksimal mungkin agar rumah tidak layak huni di Desa Karyabuana bisa dituntaskan.

“ Rencananya di Desa Karyabuana untuk sementara ini akan ada perbaikan sembilan RTLH bantuan dari Kementerian Sosial RI, dan saya juga sudah berswadaya untuk mencari dana ke pengusaha- pengusaha setempat sebagai tambahan bila ada kekurangan,” imbuh Rohana.

“ Juga Rohana “ mengimbau kepada masyarakat Desa Karyabuana untuk tidak berkecil hati bagi warga yang gubuknya belum diperbaiki.”  Lantaran menurutnya, di Desa Karyabuana ini masih banyak RTLH sehingga bukan hanya sembilan rumah itu saja yang harus mendapatkan perbaikan.

“ Saya berharap kepada warga jangan ada cemburu atau mempersepsikan pilih kasih, saya tidak sama sekali membedakan, dan sekarang ini juga saya sudah mengajukan proposal ke Perkim Pandeglang untuk Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH) di Desa Karyabuana, mungkin belum saja, semoga kedepannya ada lagi RTLH di Desa Karyabuana,” harapnya.

“ Pesan Kades Rohana kepada penarima RTLH, terutama kepada Surnaeti, agar dapat dipergunakan sebaik mungkin dan ketika rumahnya dibangun dapat dipelihara agar tidak cepat rusak lagi.

“ Ketika sudah dibangun gubuknya, pesan saya rumahnya dipelihara agar tidak cepat rusak, dan untuk Surnaeti, hasil dari dagangan tersebut gunakan untuk kebutuhan anak-anaknya, jangan sampai terlalu boros barang habis hasilnya tidak ada,” pinta Kades Karyabuana Rohana

REPORTER : RED

banner 728x90
banner 728x90