Suhu Politik Semakin Memanas : Pemilu Tahun 2024 Antara Chaos dan Suskes, Rakyat Jangan Terkecoh

Oleh : Badia. S

Bungas Banten, BANTEN – Suhu politik semakin memanas, jelang hitungan hari pencoblosan tepatnya 9 hari lagi, penentuan masa depan negara Republik Indonesia yang memiliki provinsi sebanyak 38 provinsi,tentunya semua kalangan berharap pemilu berjalan dengan Luber dan Jurdil sesuai asas penyelenggaraan Pemilu di Indonesia, yang berdasarkan dalam Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

banner 728x90

Jika melihat suasana politik saat ini beberapa kalangan beranggapan pemilu tahun 2024 berpotensi keos, walaupun hal ini tidak diharapkan, dimana suara rakyat lah yang menjadi corong utama menentukan pemimpin kedepan melalui pemilihan umum, lalu anggapan para pengamat, akademisi dan tokoh budaya yang disampaikan di media jangan terlalu di ambil pusing, itu bentuk bagian dari demokrasi, walaupuns jika yang menjadi korban adalah rakyat.

Penulis terkesimak ketika mendengarkan salah satu warga yang hidupnya bisa dikatakan wong cilik,sebagai pemulung dimana melihat situasi saat ini tidak diambil pusing, menurut kakek yang sudah lansia tersebut mengatakan dengan kalimat yang singkat ‘Semua dilakukan adalah untuk suatu kepentingan ‘.

Kepentinganlah yang dilakukan elite elite politik saat ini, baik itu kepentingan yang positif dan juga kepentingan yang negatif, tentunya rakyat jangan mudah terhasut sehingga tidak terjadi hal hal yang kita diinginkan, sebagian masyarakat beranggapan dimana pemilu akan berpotensi keos, tentunya harapan masyarakat luas pesta Demokrasi ini berjalan dengan meriah, suka cita dimana memilih pemimpin bangsa untuk 5 lima tahun kedepan.

Debat Capres dan Wacapres sudah digelar KPU-RI selaku penyelenggara pemilu tentunya bolanya ada di rakyat karna pemilu ini adalah yang memilih adalah rakyat, melalui mekanisme secara aturan yang sudah ditentukan oleh Undang Undang.

Pemilu yang jatuh pada hari rabu 14 februari 2024 mendatang ada 5 pencoblosan yang akan dilakukan pemilih, selain mimilih presiden dan wakil presiden juga di hari yang sama memilih perwakilan rakyat baik di DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, DPR-RI dan juga DPD -RI.

Lalu bagaimana kah pemilu ini lancar, dimana sebagian beranggapan akan terjadi kecurangan, dengan itu lah diminta kepada penyelenggara pemilu baik itu KPU dan Bawaslu agar menjalankan sesuai aturan yang sudah ditetapkan menurut Undang undang, dan memberikan jaminan kepada pemilih (Rakyat) agar mimilih berdasarkan pilihan suara hati tidak didasarkan dengan ketakutan.

Masih ada waktu rakyat Indonesia menentukan pilihan suara untuk pemimpin bangsa Indonesia kedepan ini, seperti kata kakek pemulung bahwa elite elite politik baik itu penguasa saat ini adalah suatu kepentingan,dengan itu bagaimana pesta demokrasi berjalan dengan baik, mari diawali dari diri kita sendiri, siapa yang layak menjadi pemimpin bangsa Indonesia yang mana merupakan negara yang tergolong besar di Dunia.

Penulis meminta tanpa terkecuali mari kita kawal pemilihan umum ini berjalan sesuai amanat UU dan jangan sampai terkecoh karna kedaulatan rakyat lah yang tertinggi, sah sah saja jika para elite politik menggunakan bahasa “Biar publik yang menilai’ hal itu tidak ada yang salah.

” Sukseskan Pemilihan umum Tahun 2024 Garda Terdepan Adalah Rakyat.”

REPORTER : RED

banner 728x90