Timses dan Warga Ungkap Besaran Uang Serangan Fajar Para Caleg di Kota Serang

Politik, Serang Raya354 Dilihat

Bungas Banten, SERANG – Pemilu 2024 di Kota Serang Provinsi Banten, ternyata tidak lepas dari money politic atau politik uang. ” Jelang hari H pencoblosan para tim sukses (Timses) bergerilya mendatangi warga sambil memberikan “serangan fajar”.

Berdasarkan informasi yang diperoleh awak media ” Bahwa besaran nilai serangan fajar ini variatif.” Nilainya mulai dari Rp 50 ribu, Rp 100 ribu, Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu.

banner 728x90

” Salah satu timses calon legislatif (caleg) Kota Serang yang enggan disebut namanya ” Ia mengaku telah menyebar ratusan amplop jelang hari pencoblosan. ” Nilainya Rp 100 ribu. “ Satu amplop Rp 100 ribu, yang disebar sudah 200an,” ujarnya, Kamis (15 /2/2024) kemarin

Menurut dia, praktik money politic sudah dianggap lumrah. Warga kata dia, selalu menanyakan serangan fajar ketika disosialisasikan tentang sosok caleg. “Kalau ga ada duit susah, warga pada tanyain,” ungkapnya.

Ia menduga, menjadi timses caleg sepertinya tidak tidak seorang diri. ” Satu caleg punya beberapa timses dan semuanya biasanya sudah disiapkan amplop untuk serangan fajar. “Ada yang lain juga,” katanya.

Diakui pria berambut keriting ini, serangan fajar sudah sangat masif di Kota Serang.”  Bahkan, ada timses caleg lain ingin masuk ke wilayahnya. “Sebelumnya ada juga yang datang, tapi saya sudah kasih tahu kalau kompleks sudah disiram (diberi uang-red),” katanya.

” Ia mengatakan, praktik money politic cukup efektif dalam mendongkrak suara. ” Jumlah suara yang didapatkan caleg cukup signifikan. “Karena kita juga tanggungjawab kepada caleg kalau suaranya jeblok,” ujarnya.

Timses caleg lainnya mengungkapkan, dirinya menyiapkan Rp 200 ribu untuk satu suara. ” Uang itu siap diberikan dengan syarat KTP-nya difoto atau foto KTP-nya diserahkan kepadanya. “ Rp 200 ribu untuk DPR RI.” Kirim foto KTP (syaratnya-red),” ujarnya.

Sementara itu, warga Kota Serang lainnya, DJ  ” Juga mengatakan, besaran money politic untuk caleg Kota Serang ada yang nilainya Rp 150 ribu. “Dia (menyebut caleg Kota Serang-red) amplopnya Rp 150 ribu perorangan,” katanya.

” Ia mengungkapkan, bahwa praktik money politic di Kota Serang sudah dianggap biasa oleh warga saat masa Pemilu. ” Masyarakat sendiri kata dia sudah sangat mengharapkan dan menginginkan adanya serangan fajar. “Ga ada uang ga ada suara, kecuali calegnya kenal dekat,” ungkapnya.

” Warga Kota Serang lainnya WD ” mengakui kalau kompleks banyak didatangi caleg yang menawarkan serangan fajar. Bahkan, ada tiga timses caleg siap mengeluarkan uang ratusan ribu demi suara masyarakat. “Di tempat saya ada tiga timses caleg masuk, Sama-sama siap duit semua mereka,” katanya.

Ia menerangkan, timses caleg ada yang menawarkan sistem paket. Artinya, satu amplop untuk dua caleg. “Ada paketnya, kemarin Rp 150 ribu untuk DPRD dan DPR RI,” ucapnya.

Salah satu caleg di Kota Serang yang enggan disebutkan namanya mengaku sudah menyiapkan serangan fajar sebelum hari pencoblosan. ” Serangan tersebut diberikan untuk memuluskan langkahnya untuk menjadi anggota legislatif. “Sudah disiapkan,” Tuturnya

Namun demikian, ia enggan membocorkan jumlah uang yang telah dihabiskan dalam  Pemilu 2024. “Saya ini bukan caleg yang enggak punya duit, saya itu kalau sudah begini (nyalon DPRD-red) sudah siap semuanya,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah Anggota Sentra Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) Serang, Edwar mengaku pihaknya belum menangani satu pun menangani perkara pidana Pemilu 2024. “Sampai saat ini belum ada (perkara pidana Pemilu-red),” tutur pria yang menjabat sebagai Kasi Pidum Kejari Serang ini.

REPORTER : Rls / RB / RED

banner 728x90
banner 728x90