Warga Cimuncang Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 1443 H

Warga Cimuncang Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 1443 H

Serang Raya35 Dilihat

Bungasbanten.id, KOTA SERANG – Warga linkungan Cimuncang Cilik RW 19 kota Serang, laksanakan penyembelihan 11 ekor kambing di musholah Ataubah Cimuncang Cilik kelurahan Cimuncang kota serang, yang di sambut dengan humanis masyarakat dan para tokoh kesepuhan di linkungan RW.19 Cimuncang Cilik.

Acara tersebut di hadiri ketua RW.19 .Aziz dan RT.05 Bambang dan RT.04 Wardin di tambah semangat dengan kekompakan para panitia kurban tahun 2022 yang tergabung dari pemuda dan kesepuhan warga link Cimuncang cilik berjalan dengan humanis pada Minggu (10/07/2022)

banner 728x90

Saat di wawancarai ketua RT.04, “Wardin menjelaskan, kurban tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya karna kurban tahun ini hanya 11 ekor kambing tp Insya allah untuk pembagian kami akan mengutamakan masyarakat tidak mampu dengan hasil daging yang di kemas sebanyak 240 bungkus dengan cara pembagianya kami sudah mendata terlebih dahulu data KK di dua RT yaitu RT 05 dan Rt 04 Rw 19 link Cimuncang Cilik, insya allah kami selaku pengurus dan para panitia iklas dalam melakukan dari mulai pendataan, proses penyembelihan dan pembagian langsung ke rumah rumah warga, ujarnya

Dalil Ibadah Kurban di dalam Al Quran

Sejumlah dalil perintah untuk menjalankan ibadah kurban dapat ditemukan di dalam Al-Qur’an. Salah satu di antaranya ialah surah Al-Kautsar ayat 1-3 dengan bunyi sebagai berikut:

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ – ١

“Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ – ٢

Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ ࣖ – ٣

Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).”

Melihat petikan satu ayat diatas, bisa diambil hikmah, bahwa kurban merupakan sebuah bentuk dari ibadah serta cara mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta.

Penyembelihan kurban Idul Adha dan hari-hari tasyrik dibagikan kepada golongan yang tidak mampu. Dengan demikian, mereka juga dapat berbahagia pada Hari Raya Idul Adha.

Bagi orang-orang yang mampu, ibadah kurban merupakan bentuk rasa syukur atas keberlimpahan yang dianugerahkan Allah SWT kepada mereka.

Allah SWT menjanjikan, bahwa orang yang bersyukur akan ditambah rezekinya sehingga harta benda mereka menjadi berkah di sisi Allah SWT.

“Aziz selaku ketua RW.19 menambahkan, bahwa dirinya sangat antusias kepada seluruh warga khususnya RT.05 dan RT.04,yang semangat dalam pelaksanaan mulai dari pendataan sampai pembagian daging kurban dengan keterbatasan hewan kurban yang di bagikan mengutamakan keluarga tidak mampu

Dan kami ucapkan terimakasih kepada para donatur yang sudah mengurbankan hartanya sehingga dapat terselengaranya tradisi penyembelihan hewan kurban di acara Idul Adha 1443 H, dengan mengikuti jejak Nabi Ibrahim SAW, semoga para donatur di berikan rahmat dan barokah dari Allah SWT dan kita semua yang sudah membantu baik kepanitiaan dan para ketua RT serta masyarakat mendapatkan pahala dari kegiatan Sunah nabi muhamad dan Rasululloh SAW. Aamiin pungkasnya

REPORTER : Rls/TUBAGUS ZAKARIA

banner 728x90